Monday, June 6, 2011

Senam yuk!!

Senang juga akhirnya bisa menemukan olahraga yang cocok buat saya. Tidak hanya membuat saya berhasil menurunkan berat badan, tapi senam juga sempat membuat saya ketagihan nih. Dulu saya melakukan olahraga ini hampir tiap hari , 5-6 kali seminggu karena memang semakin dilakukan semakin menyenangkan, apalagi jika sudah mulai lancar mengikuti gerakan instrukturnya, hihi. Kalo sekarang sih hanya 2-4 kali saja seminggunya, tapi kalo lama sudah ngga pergi ke tempat senam rasanya kangeeen banget pengen senam dan bergerak. Beda rasanya jika hanya dilakukan di rumah, kurang bersemangat…

Saya juga senang akhirnya bisa meracuni banyak teman saya untuk ikut olahraga ini, tapi ya pada akhirnya berguguran satu persatu, hehe. Jujur memang kadang ada perasaan malas juga untuk pergi berolahraga, harus menyiapkan banyak baranglah, jalan kakilah atau harus merelakan sedikit waktu yang kita miliki. Hmm.. tapi setelah diingat banyak manfaatnya jadi mengalahkan sedikit penyebab kemalasannya deh… 

Beberapa manfaat senam nih dari yang pernah saya baca :

1. Pembakaran kalori dan penurunan berat badan
khususnya pada gerakan senam aerobik dan low impact

2. Pembentukan tubuh dan kelenturan otot
biasanya pada senam body language (BL) karena memang gerakannya berfokus pada pengencangkan dan  pembentukan bagian tubuh tertentu

3. Jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat
jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih banyak dan berdenyut lebih lambat. Paru-paru kita akan bertambah kapasitas pernapasannya, masuk dan keluar. Sementara mitokondria kita yakni komponen dari sel otot yang menyimpan oksigen dan mengeluarkan energi menjadi lebih besar dan banyak sehingga badan kita menjadi lebih efisien untuk membuang panas.

4. Badan menjadi segar
tidur menjadi lebih nyenyak, daya tahan tubuh meningkat, menghilangkan penat dan menimbulkan perasaan senang karena tubuh kita mengeluarkan hormon endorphin ketika kita berolahraga.

Manfaatnya masih banyak sekali sebenarnya dari berolahraga, cuman poin-poin di ataslah yang saya ingat dan saya rasakan. Selain itu, manfaat lain dari senam yang memotivasi saya ialah dapat membuat kita awet muda, karena seringkali saya menemukan instruktur dan mbak-mbak senam yang ternyata usianya lebih jauh dari saya dan sudah mempunyai anak tapi secara fisik masih terlihat segar dan muda. Bahkan ada seorang instruktur yang ternyata berusia 42 tahun saya kira masih 25-an tahun, hehe ajaib.

Selain itu, berikut tips nih dari saya agar senam bisa jadi olahraga yang menyenangkan :)

1. Pakailah sepatu olahraga yang nyaman untuk menghindari cedera.
kalo bisa sih memang sepatu yang khusus untuk senam/running.

2. Pakailah pakaian yang senyaman mungkin
menurut saya ini faktor terpenting untuk menentukan semangat atau tidaknya kita melakukan senam. Tak harus mahal, kalo bisa carilah pakaian yang membuat kita merasa pede dan cantik ;)

3. Instruktur
biasakan senam dengan mengikuti instruktur yang tetap karena akan memudahkan kita menghafal gerakan. Selain itu, jika gerakan instruktur terlalu rumit, cukup ikuti gerakan kaki dan tangannya saja. Jangan memaksakan diri untuk melakukan gerakan asal yang mungkin tidak ada manfaatnya atau bahkan dapat membuat kita cedera. Perhatikan juga kemiripan gerakan kita dengan instruktur dari kaca, jika kita susah mengikuti berulang kali (biasanya gerakan perut dan gerakan tari-tarian nih, hehe), di akhir sesi bisa menanyakan lebih lanjut ke instruktur caranya.

4. Bergaul
tentunya kita tau, kita tidak sendirian di tempat senam karena kegiatan ini dilakukan secara masal. Cobalah berkomunikasi dengan kanan kiri, berkenalan (tapi jangan sok kenal), lumayan juga kan kita jadi punya teman baru di komunitas baru. Setidaknya ini juga bisa membuat kita kangen untuk kembali datang berolahraga.

5. On time
datang tepat waktu juga penting nih atau setidaknya sepuluh menit sebelum kelas dimulai karena kita butuh persiapan untuk berganti baju, memasang sepatu dan sebagainya. Tak enak sekali rasanya jika terlambat kemudian buru-buru mengikuti gerasakan di tengah acara.

Banyak sekali ternyata manfaatnya ya jika kegiatan ini dilakukan dengan rutin dan benar…
Ini juga bisa menjadi salah satu ajang rekreasi lho karena dengan melakukannya kita bisa menjadi happy :)
Bagi yang sudah dan sedang melakukan, ayo senamnya dirutinkan  biar tubuh makin sehat dan bagi yang belum melakukan tidak ada salahnya lho mencoba dan belajar menikmatinya. 

Jadi ladies, senam yuk!!





0 comments: