Wednesday, June 8, 2011

Tips Memilih Cuka Apel


Hai All...

Tulisan ini melanjutkan tulisan saya sebelumnya : Apple Cider Vinegar For Your Beauty

Langsung aja ya...
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli cuka apel, diantaranya yaitu :

1. Harus berwarna keruh kecoklatan.
Hal ini menunjukkan cuka apel benar-benar terbuat dari buah apel murni yang matang pohon. Kematangan apel ini sangat berpengaruh terhadap manfaat dan kekhasiatan dari cuka apel itu sendiri. Jadi jika Anda beroleh cuka apel yang bening, itu berarti kandungan apelnya sedikit dan manfaatnya pun bisa dibilang hampir tidak ada.

2. Harus memiliki aroma khas apel dan berbau seperti tape.
Menunjukkan proses fermentasi berjalan secara alami, yaitu kurang lebih 35 hari. Jika Anda menemui cuka apel yang berbau pecing, agak busuk atau aroma apelnya kurang terasa, itu berarti proses fermentasi yang terjadi kurang sempurna.

3. Harus memiliki endapan dibawah botol.
Endapan atau “mother” ini mutlak harus ada. Karena ini adalah biang cuka apel. Disinilah banyak terkandung unsur sehat yang sangat bermanfaat untuk menggempur berbagai penyakit. Jika endapan ini tidak ada, maka cuka apel ini pantas dipertanyakan.

4. Bersifat pekat dan tidak bisa diminum langsung.
Jadi, cara minumnya harus diencerkan dulu dengan air matang. Cuka apel yang siap saji boleh dikonsumsi, tapi tentu berbeda manfaatnya dengan yang murni.

5. Sebaiknya menggunakan cuka apel organic.
Cuka apel pada umumnya di buat dari bahan baku yang pengolahan perkebunnya banyak menggunakan bahan kimia ( pestisida dll ). Meskipun dalam penggunaannya relatif sedikit namun akan memberikan efek jangka panjang.

Jadi, teliti sembelum membeli ya!

Sumber 1 | 2

0 comments: